Apakah Ranking di My Anime List Bisa Menentukan Kualitas Anime?





Pastinya situs ini tidak asing lagi bagi pecinta anime, dan menjadi salah satu hal yang paling sering muncul dalam perdebatan anime/manga adalah “Rank” di MAL, benarkah bahwa semaking tinggi rank di MAL, maka semakin bagus juga seatu anime?

Sebelum itu, mari kita melihat sistem penilaian anime yang diterapkan oleh my anime list (MAL)

jadi gini, ada 2 tipe penilaian dalam situs Myanimelist, yang pertama adalah TOP ANIME

TOP ANIME disusun rangkingnya berdasarkan score yang diberi oleh member disana.
kan setiap sehabis kita menonton anime dan memasukannya ke myanimelist, kita dapat memberi score menurut subyektifitas kita berapa nilai untuk anime tersebut, itupun kalau kawan punya akun MAL.

Nah berdasarkan score tersebut, diambil data semua membernya, maka didapatlah hasil rangking yang ada di TOP ANIME seperti dibawah ini

Yang kedua adalah TOP FAVORITES,

TOP FAVORITES rangkingnya disusun berdasarkan jumlah member yang menjadikan anime tertentu menjadi favorit mereka, seperti di bawah ini

Nah, semakin banyak yang menjadikan suatu anime favorit, rangking anime tersebut akan menjadi lebih tinggi, seperti pada gambar di atas

jadi bisa dilihat, perbedaan dari TOP ANIME dengan TOP FAVORITES adalah, jika Top Anime lebih ke penilaian, atau kalau kamu mau tau penilaian kualitas sebuah anime kamu bisa mengacu pada top anime ini..
sedangkan TOP Favorites lebih mengacu ke popularitas sebuah anime, karena memakai sistem vote yang diperoleh dari anime yang menjadi favorit member disana.

kurang lebih seperti itu…

Terus semakin tinggi ranking sebuah anime di myanimelist, apakah anime itu semakin baik juga?

Kalau ditanya dinilai dari segi apa, jawabannya ya bervariasi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, MAL (secara keseluruhan) menggunakan sistem vote untuk merangking anime yang ada disana. Semakin banyak orang yang memberi 10 pada sebuah anime maka semakin tinggi pula rangkingnya (berdasarkan rating) dan sebaliknya;
contoh sederhana liat statistik dari penilaian FMA:B

Tapi MAL berisi dari ribuan member dengan kriteria penilaian yang berbeda beda, ada yang objektif dan subjektif. Dan itu pengaruhnya besar pada rangking (berdasarkan rating). MAL gak jauh beda dengan IMDB.

Terus semakin tinggi ranking sebuah anime di myanimelist, apakah semakin baik juga?

Semakin tinggi rangking ya semakin baik dan bagus pula, tapi yang namanya baik dan bagus relative kan? Baik untuk saya, belum tentu baik untuk kamu. Dan gak semua anime yang bagus dapet rangking bagus.

jadi kalau lihat list ini  diharapkan jangan dijadikan acuan utama untuk menilai bagus tidaknya sebuah anime/ manga.

Intinya adalah, bagus tidaknya anime tidak dapat dilihat dari rank di MAL, karena selera setiap orang yang menilai anime itu berbeda beda, saya kenal orang yang sangat menyukai anime Bleach, tapi benci setengah mati pada Fullmetal Alchemist: Brotherhood, padahal rank Fullmetal di MAL tergolong papan atas selama bertahun-tahun, apakah itu artinya Fullmetal adalah anime yang buruk? TIDAK! bagus buruknya anime tergantung siapa yang menilainya.

Tapi bukan berarti rank di MAL tidak bisa dijadika acuan, karena yang memberikan penilaian di mal itu banyak orang, bisa disimpulkan kalau kualitas anime di mal itu berdasarkan selera kebanyakan orang.



About Qira 79 Articles
Seorang makhluk yang memiliki obsesi terhadap anime dan cabang cabangnya, dan menumpahkan segala kesintingannya dengan menulis.