Hampir Semua Karakter Utama Suatu Anime Diceritakan Tidak Memiliki Orang Tua




Kenapa rata-rata karakter utama anime tidak memiliki orang tua? entah diceritakan sudah mati kek, pergi dan tak kan pernah kembali kek, kawin sama orang lain kek, atau bahkan tidak diceritakan dengan jelas apa yang sebenarnya tejadi dengan orang tua mereka, yang jelas, hal ini terjadi pada hampir setiap anime.

Tingginya angka yatim/piatu dalam anime seharusnya menjadi sorotan serius mengingat anak usia dini (karakter utama) nggak bisa lepas dari bimbingan orang tua, tapi ajaibnya, chara utama justru diceritakan hidup sendiri di kota besar dan makan dari hasil kerja sampingan, sekilas hal ini terdengar masuk akal, tapi lain halnya kalau hal yang sama, dengan latar yang sama, terjadi pada hampir semua karakter utama suatu anime, yaa walaupun tergantung genre juga sih.

Menghemat Biaya Produksi

Setiap karakter anime pastinya memiliki pengembangan yang berbeda beda, mulai dari sifat, fisik, cara berpikir bahkan pengisi suara yang berbeda pula, tentu kalian tau kalau biaya produksi anime itu sangat mahal, pihak produser pastinya memilih untuk menghemat biaya produksi dengan membuat karakter tersebut yatim piatu agar lebih mudah dikembangkan.

Kita ambil contoh Upin & Ipin, sebagai sesama animasi, Upin & Ipin juga mengalami kendala biaya saat akan melakukan peluncuran perdananya, maka dibuatlah cerita kalau orang tua dari Upin & Ipin sudah meninggal, dengan demikian, biaya produksi dari animasi ini dapat ditekan dan dapat terus berjaya hinggal saat ini.

Agar Main Character Bisa Lebih Bebas

Gimana? masuk akal bukan? soalnya terkadang MC mengajak teman pulang ke rumah dan kata-kata pertama yang keluar saat mereka masuk ruman adalah “orang tuaku lagi ngak di rumah nih” see? kan repot kalau ada orang tua, MC juga sering pulang lambat, kalau di dunia nyata bisa-bisa kena ceramah sama emak, MC juga biasanaya memiliki keinginan yang bertolak belakang dengan kemauan orang tua, seperti Eren yang ingin bergabung dengan pasukan pengintai namun tak mendapat restu dari orang tua, maka dimatikan lah orang tuanya agar eren bisa lebih bebas dalam menjalani hudup~

Akibat dari kurangnya pengawasan orang tua :v

Menghindari Cerita Sedih

Coba deh perhatikan anime yang memiliki jalan cerita sedih, biasanya orang tuanya masih ada, sedangkan anime genre komedi atau slice of life MCnya sangat jarang memiliki orang tua, anime seperti Danshi Koukousei no Nichijou dan sakurasou no pet na kanojo merupakan salah satu anime yang sangat jarang menampilkan adegan orang tua atau bahkan tidak ada sama sekali.




About Qira 79 Articles
Seorang makhluk yang memiliki obsesi terhadap anime dan cabang cabangnya, dan menumpahkan segala kesintingannya dengan menulis.