7 Rekomendasi Anime Bertema Bencana Alam




Saat artikel ini diterbitkan (2018) indonesia telah mengalami dua bencana alam besar di dua tempat yang berbeda, yaitu gempa bumi di Lombok dan gempa bumi+Tsunami di Palu sulawesi tengah.

Artikel rekomendasi ini dibuat dengan tujuan agar kita dapat sedikit merasakan perihnya hidup dalam kondisi yang serba terbatas bahkan kehilangan orang-orang tercinta, walaupun anime jauh dari kata realita karena banyak dibumbui segala rupa drama dengan tujuan untuk menghibur para penonton, namun setidaknya dapat setikit menimbulkan rasa peduli untuk saudara-saudara kita yang tertimpa musibah, berikut rekomendasi anime bertema bencana alam versi Intip Anime.

7. Ponyo

Information

Type: Movie
Episodes: 1
Status: Finished Airing
Aired: Jul 19, 2008
Producers: Dentsu, d-rights, Toho
Licensors: Walt Disney Studios
Studios: Studio Ghibli
Source: Original
Genres: Adventure, Fantasy
Duration: 1 hr. 41 min.
Rating: G – All Ages

Meskipun bencana (dalam hal ini bencana alam) merupakan sesuatu yang sangat mengerikan jika mlanda suatu kaum, namun Hayao Miyazaki sebagai salah satu pendiri studio ghibli mampu mengangkatnya menjadi suatu totonan yang menarik bagi semua umur.

cerita berfokus pada seorang anak bernama Sōsuke yang berteman dengan ikan ajaib – Ponyo, mereka terus menjalin tali persahabatannya hingga Ponyo memutuskan untuk meninggalkan kehidupan bawah lautnya, namun keputusannya itu membuat dunia dalam bahaya, petualanganSosuke dan Ponyo untuk menyelamatkan dunia pun dimulai.

6. Taiyou no Mokushiroku

Information

Type: Special
Episodes: 2
Status: Finished Airing
Aired: Sep 17, 2006 to Sep 18, 2006
Producers: Tohokushinsha Film Corporation
Licensors: Maiden Japan
Studios: Madhouse
Source: Manga
Genres: Drama, Sci-Fi
Duration: 1 hr. 17 min. per ep.
Rating: R – 17+ (violence & profanity)

Pada awal abad ke-20, sebuah gempa besar menghantam negara Jepang yang membelah negara menjadi dua bagian, Orang-orang yang selamat dari bencana ini diambil oleh banyak negara, terutama Cina dan Amerika Serikat, yang akhirnya menyebabkan China memerintah bagian Utara, dan Amerika Serikat memerintah bagian Selatan.

15 tahun setelah gempa bumi di Taiwan, situasi pengungsi mulai memburuk saat para pengungsi dan warga Taiwan bertengkar tentang persaingan pekerjaan dan kondisi penghidupan yang lebih layak.

Anime ini berfokus pada Genichiro Ryu – seorang pengungsi yang dibesarkan di Taiwan dan diadopsi oleh sebuah pasangan yang menyaksikan perkelahian mengerikan ini. Prihatin atas konflik pengungsi, dia melibatkan dirinya sendiri dan berharap kedua belah pihak dapat hidup berdampingan satu sama lain.

5. Chikyuu ga Ugoita Hi

Information

Type: Movie
Episodes: 1
Status: Finished Airing
Aired: Oct 8, 1997
Producers: None found, add some
Licensors: None found, add some
Studios: None found, add some
Source: Unknown
Genres: Drama
Duration: 1 hr. 14 min.
Rating: PG – Children

Anime ini didasarkan pada kisah nyata, tepatnya gempa bumi Kobe / Hyogoken-Nanbu 1995, yang menewaskan lebih dari 6000 orang dan menyebabkan lebih dari 300.000 orang kehilangan tempat tinggal. Anime ini menceritakan sekelompok teman setelah terjadinya gempa bumi. Mereka harus berjuang melawan kematian dan saling membantu mengatasi kehilangan pribadi dan empati.

4. Yomigaeru Sora – Rescue Wings

Information

Type: TV
Episodes: 12
Status: Finished Airing
Aired: Jan 9, 2006 to Mar 27, 2006
Premiered: Winter 2006
Broadcast: Unknown
Producers: Bandai Visual, Lantis
Licensors: None found, add some
Studios: J.C.Staff
Source: Original
Genres: Drama, Military, Seinen
Duration: 23 min. per ep.
Rating: PG-13 – Teens 13 or older

Tidak seperti hampir semua anime bencana alam lainnya, Rescue Wings tidak berfokus pada korban, tetapi justru pada penyelamat. Meskipun tidak bertumpu pada banyak bencana besar, sebagai gantinya akan mengikuti seorang pilot ambisius, kita akan belajar bagaimana regu penyelamat menyelamatkan banyak nyawa dalam segala kesempitan.

3. Shangri-La

Information

Type: TV
Episodes: 24
Status: Finished Airing
Aired: Apr 6, 2009 to Sep 14, 2009
Premiered: Spring 2009
Broadcast: Unknown
Producers: NTT Docomo, Atelier Musa
Licensors: Funimation
Studios: Gonzo
Source: Novel
Genres: Action, Drama, Sci-Fi
Duration: 23 min. per ep.
Rating: PG-13 – Teens 13 or older

Anime ini berlangsung jauuh di masa depan di mana gempa bumi sudah biasa terjadi, Ini adalah kisah tentang seorang gadis muda yang bersemangat dalam pencariannya untuk memimpin orang lain ke Atlas.

Mereka tidak hanya harus berurusan dengan gempa dan bencana alam lainnya, tetapi kenyataan bahwa Atlas tidak akan membiarkan mereka masuk lebih jauh bahkan ketika mereka sudah sampai di sana.

2. Coppelion

Information

Type: TV
Episodes: 13
Status: Finished Airing
Aired: Oct 2, 2013 to Dec 25, 2013
Premiered: Fall 2013
Broadcast: Unknown
Producers: Starchild Records
Licensors: Viz Media
Studios: GoHands
Source: Manga
Genres: Action, Sci-Fi, Seinen
Duration: 24 min. per ep.
Rating: PG-13 – Teens 13 or older

Seperti beberapa anime lainnya di luar sana, Coppelion tampaknya terinspirasi oleh insiden Fukushima pada tahun 2011. Serial ini dimulai dengan kehancuran pada pembangkit listrik tenaga nuklir di Tokyo. Karena tingkat radiasi yang tinggi, kebanyakan orang terdorong untuk keluar dari wilayah yang terdampak, tetapi masih ada sinyal bahaya yang cukup kuat dari dalam area tersebut. Untuk mencarinya, sebuah unit khusus gadis yang disebut Coppelion dikirim untuk menemukan orang-orang yang masih selamat, tetapi tidak seperti kebanyakan orang, entah kenapa gadis-gadis ini lebih kebal terhadap radiasi.

1. Tokyo Magnitude 8.0

Information

Type: TV
Episodes: 11
Status: Finished Airing
Aired: Jul 10, 2009 to Sep 18, 2009
Premiered: Summer 2009
Broadcast: Fridays at 00:45 (JST)
Producers: Dentsu, Fuji TV, Toho,Asmik Ace, Sony Music Entertainment,Sakura Create
Licensors: Maiden Japan
Studios: Bones, Kinema Citrus
Source: Original
Genres: Drama
Duration: 22 min. per ep.
Rating: PG-13 – Teens 13 or older

Anime ini menjadi salah satu anime bertema bencana paling populer karena dianggap paling realistis, saking niatnya dalam membuat anime, para pruduser sampai turun langsung mewawancarai korban selamat dari gempa bumi jepang tahun 2011 untuk mendapatkan detil yang lebih real, bercerita tentang anak perempuan berna Mirai yang tampak membenci kehidupannya sendiri dan berharap semuanya hancur.

Ajaibnya, apa yang dia harapkan menjadi kenyataan dan membuat dia besama adik laki-lakinya terjebak ditengah kekacauan kota tokyo yang diobrak-abrik oleh gempa bumi, perjuangannya dalam mencari jalan kembali ke ruamahnya dilalui dengan penuh semangat juang pengorbanan.

dari segi grafis, jalan cerita dan faktor-faktor pendukung lainnya, anime ini menjadi yang paling direkomendasikan dalam daftar ini.


About Qira 79 Articles
Seorang makhluk yang memiliki obsesi terhadap anime dan cabang cabangnya, dan menumpahkan segala kesintingannya dengan menulis.