Kenapa Sering Ada Adegan Berlari Dalam Opening Anime?





Berapa kali lihat adegan berlari dalam anime? sekali? beberapa kali? atau sama kayak saya yang sudah teramat sering?

Adengan berlari dalam anime bukan lagi menjadi hal yang baru, bahkan sudah ada sejak anime masih dalam masa awal-awal, berlari seperti sudah menjadi hal yang wajib ada dalam setiap opening, entah disengaja atau tidak, tak terhitung jumlahnya anime yang menampilkan karakter utama beserta pemeran pembantu berlari-lari di layar kaca tanpa alasan yang jelas.

Apa yang Terjadi?

Berlarinya para karakter anime di layar kaca tanpa alasan didampingi teman dan karakter pendamping lain yang juga ikut berlari tanpa tau kapan harus berkenti dan sama sekali tidak tau kenapa mereka berlari.

Berlari… berlari…  hingga hilang rasa perih…. (puisi ea) dalam anime action biasanya berlari karena dikejar atau mengejar musuh, di anime non action, berlari dengan wajah ceria ke ujung jurang yang sangat tinggi lalu lompat bersama beberapa karakter tadi (masih dengan wajah ceria) tanpa memikirkan dimana dan bagaimana nantinya mereka akan mendarat

Kenapa Ini Aneh?

Kenapa aneh? karena sudah sangat teramat sering mereka berlari, terutama adengan jatuh dari ketinggian, bagaimanapun juga, mereka itu manusia, mestinya rasa capek karena terlalu lama dan terlalu sering berlari bisa sdikit nampaklah di wajah mereka dan mestinya mereka tau kemana akan berlari, kenapa tidak jalan saja? kenapa tidak naik agkot saja? atau apalah yang bisa sedikit menghemat energi (oreki quotes)

dalam logika sehat juga tidak membenarkan anak sekolah yang berlari lalu  melompat dari jurang tanpa sama sekali memikirkan keselamatan mereka,

“yang penting….  hepi…”

Kenapa Ini Terjadi (Secara Teknis)

Adengan berlari dalam opening anime ini sudah menjadi salah satu klise paling sering dan populer (kecuali jika lu baru sadar) ini membuktikan bahwa, untuk membuat sebuah opening yang indah bukan hanya dari segi lagu tapi juga dari segi visual, penonjolan para karakter dan pemberian kesan semangat pada karekter tertentu sangat mempengeruhi larisnya penjualan lagu original dari band yang bersangkutan.

bagaimanapun juga, anime adalah sebuah bisnis yang memikirkan bagaimana caranya meraup keuntungan yang sebanyak banyaknya dari modal yang sekecil kecilnya, meskipun tidak terjadi pada setiap anime namun karena keseringan yang Hqq memberikan kesan kalau pada staff produser lagi malas mikir. (emangnya lu bisa buat anime?)

Kenapa Ini Terjadi (Secara Pola Pikir)

Adengan berlari dalam opening seringkali di dampingi oleh suasana lagu yang tergolong cepat dan ceria, biasanya terjadi di anime bergenre slide of life ataupun comedy, dan suasana lagu semangat dan menghentak pada anime action, meskipun tidak semua anime melakukan demikian, namun dengan melakukan penyesuaian ini, membaut lagu opening tidah hanya enak didengar tapi juga enak ditonton.

atau untuk mengundang rasa semangat dari penonton, misalnya adengan berjalan pada permulaan, merenung, melamun dalam kamar dan mendadak sangat enerjik di bagian reff, buka pintu, cahanya terang dari luar, melepas beberapa bagian dari pakainanya seperti jaket atau apalah dan mulai….. berlari.

Memberikan kesan petualalang

Mengingat adengan ini cukup sering ada di anime action adventure dan sebagainya, dapat mendorong kepribadian dari karakter utama untuk terlihat lebih sesuai dengan peran yang dimainkannya, karena kesan pertama selalu menjadi pintu dari kesuksesan sebuah anime, gak selalu juga sih. (labil)

Jika kawan masih ragu dengan keseringan berlari ini, coba simak video berikut ini:




About Qira 79 Articles
Seorang makhluk yang memiliki obsesi terhadap anime dan cabang cabangnya, dan menumpahkan segala kesintingannya dengan menulis.