Taukah Kamu? Apa Penyakit yang Menyebabkan Kematian Kaori Miyazono?





ARTIKEL INI MENGANDUNG SPOILER, PASTIKAN KAMU SUDAH SELESAI MENONTON ANIMENYA JIKA INGIN MEMBACA ARTIKEL INI

 

Jika kawan membaca tulisan ini, artinya kawan telah selesai menonton shigatsu wa kimi no uso, salah satu anime paling menyedihkan dan memilukan yg pernah di buat. (begitu kata orang) saya yakin kawan sudah tau dan betapa menyedihkannya si Kaori dinyatakan meninggal di akhir anime.

Kemungkinan besar, penyebab kematiannya adalah kegagalan operasi, tapi jika dia tidak dioperasi pada akhirnya pasti mati juga dan akan dikatakan kalau penyakit itulah yang membunuhnya, bukannya operasi

 

Tapi pertanyaan paling besar di sini adalah; operasi apa dan kenapa penyakitnya harus di operasi?

Pertama, mari kita mulai dengan melihat beberapa gejala yang telah ditunjukkan oleh Kaori:

 

1. Dia pingsan setelah tampil di atas panggung dengan Arima Kousei.

 

2. Dia tidak dapat mengontrol kakinya ketika dia dirawat di rumah sakit untuk kedua kalinya.

 

3. Perubahan warna kulit dan rambut

Dan setelah kaori pingsan untuk pertama kalinya, dia ditanya, apakah ini pernah terjadi sebelumnya? kaori menjawab bahwa hal ini memang yang pertama kali baginya dan dia selalu sedikit anemia.

Mungkin kalian bertanya-tanya, apakah memang anemia yang menjadi penyakit fatal kaori? karena sebagian besar anemia mudah diobati.

Okelah, inilah penyakit kaori, Pertama mari kita lihat apakah gejala penyakit ini cocok dengan gejala penyakit Kaori.

 

Gejala:

  • Kelelahan
  • Sesak nafas
  • Denyut jantung cepat atau tidak teratur
  • Kulit pucat
  • Infeksi yang sering atau berkepanjangan
  • Memar yang tidak jelas
  • Mimisan dan gusi berdarah
  • Perdarahan berkepanjangan akibat luka
  • Ruam kulit
  • Pusing
  • Sakit kepala

Dan hasilnya Ya! Kaori tampaknya memiliki sebagian besar gejala-gejala ini kecuali Mimisan, gusi berdarah dan ruam kulit.

Nama penyakit ini adalah Aplastic Anemia. yang kalian dengar dari kaori itu benar! Ingat ketika dia bilang dia selalu sedikit anemia. Kemungkinan dia mengisyaratkan kepada kita untuk tingkatan anemia yang lebih tinggi dan kompleks yang disebut Aplastic Anemia.

 

Sekarang mari kita sedikit mempelajari tentang penyakit ini

Anemia aplastik berkembang ketika kerusakan terjadi pada sumsum tulang, memperlambat atau mematikan produksi sel darah baru (dalam istilah sederhana, bagaimanapun juga, ane bukan dokter :v).




Orang yang mengalami anemia aplastik yang sangat parah membutuhkan perawatan medis darurat di rumah sakit. Anemia aplastik yang sangat berat dapat berakibat fatal jika tidak segera diobati.

Seperti yang dikatakan paragraf di atas, jenis Anemia ini “fatal” jika pengobatan yang baik tidak terpenuhi.

 

Perawatan Kaori untuk penyakit Anemia Aplastik:

penyakit Ini dapat diobati dengan berbagai cara, melalui Antibiotik, Transfusi Darah …… dll. Sejauh yang saya bisa lihat metode ini digunakan untuk memperpanjang umur penderita, bukan menyembuhkannya dan dapat digunakan hanya pada tahap awal / primer Anemia Aplastik.

Dan itu terlihat di berbagai adegan di mana Kaori ditransfusikan dengan darah dan kemungkinan besar dia juga disuntik dengan Antibiotik. Tapi kenapa operasinya? Dia terbukti menjalani operasi kan?

Ya! Kaori menjalani operasi dan menurut pendapat saya itu mungkin “Bone Marrow Transplant”; untuk menyembuhkan penyakitnya atau memperpanjang umurnya untuk beberapa waktu lagi dengan sikap yang lebih sehat.

 

Apa itu Bone Marrow Transplant?

Transplantasi sumsum tulang (BMT) juga disebut transplantasi sel induk (SCT) atau transplantasi sel induk hematopoietik (HSCT) merupakan cara pengobatan untuk anemia Aplastik. Tetapi bagi banyak pasien, BMT (transplantasi sumsum tulang) bukan merupakan pilihan karena risiko dan potensi efek samping jangka panjang sebagai “obat yang tidak sempurna”

Tapi Arima percaya bahwa kaori bisa melakukan apa saja, jadi itu mungkin penyebab mengapa dia memilih operasi ini sehingga dia bisa menghabiskan waktu sehat yang lebih lama bersama arima. (>_<)

Orang yang mengalami anemia aplastik ringan atau sedang mungkin tidak memerlukan pengobatan selama kondisinya tidak memburuk. Orang yang mengalami anemia aplastik berat membutuhkan perawatan medis secepat mungkin untuk mencegah komplikasi.

Orang yang mengalami anemia aplastik yang sangat parah membutuhkan perawatan medis darurat di rumah sakit. Anemia aplastik yang sangat berat dapat berakibat fatal jika tidak segera diobati.

Apa yang disimpulkannya? ingatkah kamu, dalam anime, kaori melakukan perawatan dalam rumah sakit, artinya dia menderita anemia aplastik yang berat.

Dan seperti yang dikatakan di awal artikel ini, penyebab kematiannya kemungkinan besar adalah kegagalan operasi dan taukah kamu mengapa bisa gagal? Mungkin dia tidak mendapatkan pendonor yang cocok untuk Transplantasi nya atau mungkin gagal karena kondisi kesehatannya yang memburuk.

Itu saja untuk saat ini. Ingat, ini hanya teori dan tidak ada berita resmi tentang penyakit Kaori dan mungkin tidak akan ada. Sementara beberapa orang mengatakan itu adalah Bone Marrow Failure yang dideritanya, yang lain mengatakan itu adalah ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) karena beberapa gejala. Tetapi saya sangat yakin itu adalah anemia Aplastik.

Tapi, kematian kaori sudah cukup membuat kita kehabisan tisu 🙁.

Pastikan untuk berkomentar di bawah jika kawan memiliki teori lain.



About Qira 79 Articles
Seorang makhluk yang memiliki obsesi terhadap anime dan cabang cabangnya, dan menumpahkan segala kesintingannya dengan menulis.